Salam

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

MGMP MTs Negeri Ende 2011



Alhamdulillah.... akhirnya kegiatan MGMP yang selama ini telah direncanakan dan diprogramkan dapat terlaksana juga. Kegiatan MGMP di lingkungan MTs Negeri Ende pada tahun 2011 ini lebih difokuskan kepada pengenalan dan pengembangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi dewan Guru. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) saat ini adalah sebuah kebutuhan yang harus segera dilakukan oleh seorang Guru guna  meningkatkan dan kualitas proses pembelajaran dan sudah pasti akan bermuara pada peningkatan hasil dari proses pembelajaran itu sendiri.
Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara, antara lain : melalui peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran dan non pembelajaran  secara profesional melalui penelitian tindakan secara terkendali. Upaya meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi saat menjalankan tugasnya akan memberi dampak positif ganda. Pertama, peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran yang nyata; Kedua peningkatan kualitas isi, masukan, dan proses, serta hasil belajar; Ketiga, peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya; Keempat, penerapan prinsip pembelajaran yang berbasis penelitian.
Kegiatan MGMP ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Bapak Drs. Sarman Marselinus, dalam sambutan pada acara pembukaan kegiatan MGMP di lingkungan MTs Negeri Ende ini, beliau memberikan beberapa saran dan himbauan kepada semua karyawan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, khususnya dalam hal ini Guru dan Karyawan dalam Lingkungan MTs Negeri Ende, untuk tetap mengedepankan sikap profesionalisme dalam menjalankan tugas keseharian sesuai dengan uraian tugas masing-masing dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada semua pihak membutuhkannya.
Berkaitan dengan materi kegiatan MGMP yakni Sosialisasi dan Pengembangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara pribadi beliau sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini karena salah satu bentuk sikap profesionalisme Guru dalam menjalankan tugasnya adalah mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran sehingga tercipta suatu proses pembelajaran yang menyenangkan dan berujung pada peningkatan kualitas pada peserta didiknya.
Diakhir sambutannya, beliau menghimbau agar Guru dan Karyawan di lingkungan MTs Negeri Ende selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensi pribadinya. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu belajar dan belajar dari berbagai sumber yang ada termasuk penggunaan peralatan-peralatan teknologi komunikasi dan Internet guna menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari.
Kegiatan MGMP yang dilaksanakan  pada tanggal 8 - 9 April 2011 bertempat du ruangan Laboaratorium IPA MTs Negeri Ende dan diikuti semua staf dewan Guru dilingkungan MTs Negeri Ende, secara khusus bertujuan sebagai berikut :
  1. Memberikan pemahaman kepada Guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  2. Membantu Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya dalam merancang dan mengembangkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  3. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
  4. Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan Madrasah, sehingga tercipta sikap proaktif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  5. Meningkatkan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas
Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan MGMP MTs Negeri Ende tahun 2011 ini adalah : Umar Ibnu Khatab, SS, M.Si (dosen pada Universitas Flores Ende) yang memberikan materi tentang PTK dan Bapak H. Pua Ibrahim, S.Pd (Kasi Kependais dan Pemberdayaan Masjid, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende) yang memberikan materi tentang Strategi Pengembangan Madrasah dan Guru yang Profesional.
Kegiatan MGMP ini berakhir pada hari Minggu, 9 April 2011 dan ditutup secara resmi oleh Kepala MTs Negeri Ende.

1 komentar:

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagamana upaya tindak lanjut/implementasi dari kegiatan tersebut. ini yang paling penting .sukses buat teman-teman guru,kami menunggu hasil karya berikutnya, maju terus dan pantang mundur....

Posting Komentar